Bercocok Tanam – Sebagai Salah Satu Cara Melepas Stress

Kegiatan bercocok tanam kini menjadi sebuah tren yang banyak dilakukan oleh orang-orang secara umum dan bukan hanya menjadi monopoli para petani saja. Bahkan banyak diantaranya menjadi suatu kegiatan hobi yang mengasyikkan.petani

Kebanyakan masyarakat umum melakukan kegiatan bercocok tanam ini awalnya sebagai kegiatan untuk :

  1. Memanfaatkan lahan di pekarangan rumah yang kosong.
  2. Mengisi waktu luang di sela-sela padatnya rutinitas harian mereka.
  3. Karena terbawa oleh isu umum, misalnya beberapa saat yang lalu terjadi demam gelombang cinta, maka ramai-ramai orang tiba-tiba menyenangi tanaman hias.

Terlepas dari beberapa alasan tersebut, ternyata bahwa apabila kegiatan bercocok tanam tersebut dilakukan secara rutin, meskipun hanya dengan menanam atau merawat beberapa pot tanaman saja, akan mendatangkan perasaan yang menyenangkan.  Beberapa manfaat lain dari kegiatan bercocok tanam tersebut di antaranya :

  1. Mengisi waktu luang dengan hal yang bermanfaat, daripada sekedar ngobrol dan nge-gosip tidak karuan ; ????????
  2. Menambah pengetahuan tentang tanaman dan cara bercocok tanamnya.  Anda dengan tidak menyadarinya tentu setidaknya akan banyak bertanya atau mencari petunjuk baik dari orang lain maupun dari buku tentang cara menanam, misalnya bunga, secara benar ;
  3. Selama melakukan kegiatan bercocok tanam, anda seolah-olah untuk sesaat meninggalkan segala macam hiruk pikuk kegiatan rutin biasa. Anda akan merasa sedang bermain dan merasa senang.  Dan apabila kegiatan tersebut sudah mendatangkan kesenangan, secara otomatis berarti anda telah melepaskan perasaan stress dan rasa penat.
  4. Banyak orang tadinya melakukan kegiatan bercocok tanam dengan tujuan hanya sekedar untuk mengisi waktu luang atau melepas rasa penat, namun pada akhirnya bisa mendatangkan penghasilan tambahan.  Hasil bercocok tanam selain untuk kepentingan sendiri atau keluarga, ternyata memiliki nilai ekonomis sebagai suatu komoditi yang bisa dijual kepada orang yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s